PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA FLASHCARDS BERBASIS AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI PECAHAN MELALUI METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE SEBAGAI ALTERNATIF KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

KHASANAH, SITI USWATUN (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA FLASHCARDS BERBASIS AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI PECAHAN MELALUI METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE SEBAGAI ALTERNATIF KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100026_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100026_fullpdf.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Flashcards AR berbasis Augmented Reality umtuk mengenal bilangan pecahan, kelayakan serta kepraktisannya. Latar belakang dari penelitian ini yaitu banyak siswa kelas III di tingkat sekolah dasar mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika, khususnya pada materi pecahan. Kesulitan ini sering kali disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang menarik dan interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berupa flashcards berbasis Augmented Reality (AR) yang diterapkan pada materi pecahan melalui metode Inside Outside Circle. Metode ini diharapkan dapat menjadi alternatif komunikasi yang lebih baik dalam proses pembelajaran matematika. Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluate) adalah model yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan dari lima tahapan tersebut, pengembangan Flashcards AR menghasilkan persentase dari kedua validator sebesar 92% kategori Sangat Layak. Persentase kepraktisan dari uji respon siswa sebesar 94% kategori Sangat Layak, dan uji respon siswa sebesar 92% kategori Sangat Layak. Berdasarkan hasil tersebut, Media Flashcards AR dinyatakan layak dan praktis untuk diterapkan di siswa kelas III SD N 3 Rejosari. Kata kunci: Flascards, Augmented Reality, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40782

Actions (login required)

View Item View Item