DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN INKUIRI BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V

NAJWA, ERNA LUTFIYATUN (2025) DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN INKUIRI BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100022_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100022_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan inkuiri berbantuan aplikasi Wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Tlogomulyo. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest- posttest only control group design. Sampel penelitian terdiri dari 28 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian berupa tes esai yang mencakup indikator berpikir kritis, seperti identifikasi masalah, analisis informasi, penyusunan kesimpulan, dan evaluasi solusi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning berbantuan aplikasi Wordwall memiliki peningkatan kemampuan berpikir kritis yang signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Media Wordwall membantu siswa lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran, sementara pendekatan inkuiri meningkatkan pemahaman ilmiah dan keterampilan analitis mereka. Kesimpulannya, integrasi Discovery Learning dengan pendekatan inkuiri berbantuan aplikasi Wordwall efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model pembelajaran serupa untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar. Kata kunci: Discovery Learning, Inkuiri, Wordwall, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40780

Actions (login required)

View Item View Item