PRAFITA, Oleh EKA (2025) ANALISIS METAKOGNISI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS V SDN BETOKAN 3 DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100021_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100021_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui capaian tingkatan metakognisi peserta didik kelas V SDN Betokan 3 Demak dalam pembelajaran berbasis masalah materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui wawancara dan tes uraian. Subjek peneliti terdiri dari 30 peserta didik kelas V. Analisis data kualitatif Miles dan Huberman melalui tahap pengumpulan, reduksi , penyajian, dan kesimpulan dari data wawancara dan tes uraian untuk mengungkap pola metakognisi peserta didik kelas V dalam menyelesaikan masalah bangun datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga capaian tingkatan metakognisi, yaitu startegic use (tingkat tinggi), aware use (tingkat sedang), dan tacit use (tingkat rendah). Dimana terdapat 12 peserta didik berada pada capaian tingkatan strategic use, 5 peserta didik pada capaian tingkatan aware use, dan 13 peserta didik pada capaian tingkatan tacit use. Metakognisi peserta didik berada pada capaian tingkatan tacit use yang umumnya masih kesulitan dalam aspek monitoring dan evaluation, yang menghambat pemahaman peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun datar. Kata kunci : metakognisi, pembelajaran berbasis masalah, dan bangun datar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |