PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL BERMUATAN LITERASI NUMERASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

OKTAVIANI, DIAH AYU (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL BERMUATAN LITERASI NUMERASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100020_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perangkat Ajar merupakan sarana atau media penunjang dalam proses pembelajaran, yang digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran oleh guru, untuk mengembangkan atau meningkatkan suatu kemampuan yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, salah satunya ialah kemampuan Literasi Numerasi. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji kelayakan dan kepraktisan pada Modul Pembelajaran Digital. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation and evaluation. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Karangroto 01. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan kuisioner atau angket yang akan diberikan kepada responden untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan pada Modul Pembelajaran Digital. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Modul Pembelajaran Digital dikategorikan sangat layak pada uji kelayakan yang dibuktikan dari perolehan skor rata-rata perhitungan akhir pada lembar validasi oleh tiga validator ahli materi dan tiga validator ahli media yaitu sebesar 88,33 dengan persentase 88,33%. Sedangkan uji kepraktisan pada Modul Pembelajaran Digital dibuktikan dengan hasil angket respon guru dan siswa, pada hasil angket respon guru diperoleh skor 92 dengan persentase 92% dan hasil angket respon siswa diperoleh skor akhir 1270 dengan rata-rata persentase 84,66%, maka dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Digital Bermuatan LIterasi Numerasi Sangat Praktis. Kata Kunci : Modul Pembelajaran Digital, Literasi Numerasi, dan Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40778

Actions (login required)

View Item View Item