FATMALA, ANNA SAJIDA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BINTANG (BILANGAN NILAI TEMPAT ANGKA) BERBASIS DIGITAL PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100014_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100014_fullpdf.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menilai kelayakan, dan mengevaluasi kepraktisan media pembelajaran digital interaktif bernama Bintang (Bilangan Nilai Tempat Angka) dalam pembelajaran matematika kelas III SD. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran masih mengandalkan media konvensional, sehingga siswa kurang fokus dan mengalami kesulitan dalam memahami konsep nilai tempat bilangan cacah hingga 1000. Media Bintang dikembangkan menggunakan Microsoft PowerPoint, kemudian dikonversi ke dengan iSpring Suite 10 agar dapat diakses melalui website menggunakan laptop atau smartphone. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini masuk dalam kategori "Sangat Layak" dengan skor validasi materi sebesar 91,5% dan validasi media sebesar 89%. Uji kepraktisan yang melibatkan guru dan siswa kelas III SDN Bintoro 8 Demak juga menunjukkan hasil yang sangat positif. Tingkat kepraktisan berdasarkan penilaian guru mencapai 84%, sedangkan dari siswa mencapai 98%, sehingga dikategorikan sebagai "Sangat Praktis". Hasil penelitian ini membuktikan bahwa media Bintang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan siswa, dan pemahaman terhadap konsep nilai tempat bilangan. Dengan keunggulannya sebagai media pembelajaran berbasis digital yang interaktif, Bintang dapat menjadi alternatif inovatif dalam mendukung pembelajaran matematika di sekolah dasar. Selain itu, media ini berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut dalam materi-materi lain guna meningkatkan efektivitas pembelajaran digital di tingkat sekolah dasar. Kata kunci: Pengembangan, Media Digital, Matematika Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:19 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |