ARDIANZAH, RAMADHAN DWI (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATH SMART MATERI KPK FPB KELAS V SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100004_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
![]() |
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100004_fullpdf.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pengembangan media digital berbentuk aplikasi pembelajaran materi KPK FPB merupakan fokus pada penelitian ini. Integrasi teknologi dalam pembelajaran saat ini menjadi sebuah kebutuhan untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran Math Smart yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development ( R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN Karangroto 01. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket yang terdiri dari angket validasi ahli media, materi, bahasa, respon guru, dan respon siswa. Hasil uji validasi ahli media, materi, ahli bahasa menunjukkan persentase sebesar 94,5% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon guru memperoleh persentase sebesar 98%, sementara hasil angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 92%, sehingga produk yang digunakan termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan perolehan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Math Smart memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : Aplikasi Pembelajaran, Math Smart, KPK FPB
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40764 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |