PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MAMEYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Nisa’, Fara Khoirun (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MAMEYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100001_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100001_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis digital bernama MAMEYA. Kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang mampu menarik minat dan perhatian peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif MAMEYA terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Tempuran 1 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket yang meliputi angket lembar validasi ahli materi, media, dan bahasa untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran. Lembar angket respon guru dan peserta didik diberikan untuk mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran. Sedangkan, hasil penilaian pre-test dan post-test untuk mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan (1) Validasi ahli materi memperoleh hasil presentase sebesar 93%, validasi ahli media memperoleh hasil presentase sebesar 90%, dan validasi ahli bahasa memperoleh hasil presentase sebesar 87% sehingga media yang dikembangkan berada pada kriteria sangat layak. (2) Hasil penilaian angket respon guru memperoleh presentase sebesar 96% dan angket respon peserta didik memperoleh presentase sebesar 89% sehingga media yang dikembangkan berada pada kriteria sangat praktis. (3) Hasil rata-rata nilai pre-test sebesar 50,56 dan rata-rata nilai post-test sebesar 83,16. Sedangkan hasil uji T dua sampel saling berpasangan memperoleh nilai Sig. (2-tailed = 0,000) < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran, kemudian hasil uji N-Gain menunjukkan kenaikan rata-rata secara klasikal sebesar 0,6644 dengan kriteria sedang. Jadi, berdasarkan hasil penilaian pre-test dan post-test, media yang dikembangkan dapat dikatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Interaktif, Media Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40761

Actions (login required)

View Item View Item