AKUISISI BAHASA PADA ANAK PRASEKOLAH DENGAN METODE MENDONGENG ISLAMI

ZUMAIROH, SITI ULFIYATUN (2025) AKUISISI BAHASA PADA ANAK PRASEKOLAH DENGAN METODE MENDONGENG ISLAMI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100052_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100052_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bahasa merupakan suatu hal yang terpenting dalam berkomunikasi maupun berinteraksi. Bagi anak prasekolah, bahasa memiliki peran penting dalam mengungkapkan perasaan dan ekspresi. Dalam pemerolehan bahasa yang dihasilkan oleh anak prasekolah tentunya dapat dipengaruhi oleh faktor dari lingkungan sekitar khususnya lingkungan tempat tinggal. Seperti halnya adanya pengaruh screen time yang dilakukan secara terus menerus akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan psikologi anak. Oleh karena itu terciptannya lembaga pendidikan yang bertujuan untuk membantu tumbuh dan kembangnya anak khususnya dalam pemerolehan bahasa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di PAUD Islam Terpadu Abu Bakar Ash Shidiq, Kec. Juwana, Kab. Pati. Proses pemerolehan bahasa yang dilakukan yaitu melalui metode mendongeng, yang mana pada metode tersebut dilakukan dengan tujuan peserta didik dapat dengan mudah dalam pemerolehan bahasa yang dilakukan melalui menyimak, mendengarkan, mengingat, berpikir, serta berbicara. Dalam penelitian tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, uji bahasa, sertaa dokumentasi. Metode penelitian tersebut dilakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Dengan demikian, pemerolehan bahasa pada anak prasekolah yang dilakukan dengan menggunakan metode mendongeng islami, sangat efektif dikarenakan peserta didik mampu memperoleh kosakata dengan tiga sampai delapan dalam kalimat meskipun dengan bantuan rangsangan dari pendidik. Kata kunci : Anak prasekolah, bahasa, screen time, dan mendongeng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jul 2025 07:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40758

Actions (login required)

View Item View Item