PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI CERPEN DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG

KHOLIFAH, ARZI KURNIA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI CERPEN DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100014_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia_34102100014_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan media ajar wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi cerpen. Penggunaan media ajar yang masih konvensional terjadi pada SMA terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ajar wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi cerpen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis True-Experimental design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa lembar tes soal cerpen dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X1-2 sebagai kelas eksperimen. Hasil post test menggunakan uji homogenitas menunjukan bahwa nilai sig. Sebesar sig. 0,585 > 0,05 maka hasil post test nilainya homogen. Berdasarkan uji Independent T-test memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.002 > 0,05 maka ada perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Artinya terdapat pengaruh penggunaan media ajar wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas XI dalam materi cerpen di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Kata Kunci : Media Ajar Wordwall, Hasil Belajar, Cerpen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jul 2025 03:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40738

Actions (login required)

View Item View Item