Aleyda, Anandita (2025) Pengaruh Strategi Konten Interaktif pada Akun Instagram @timnasindonesia Terhadap tingkat Fear of Missing Out (FoMO) Dan Loyalitas Penggemar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100020_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100020_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
@timnasindonesia merupakan akun Instagram media sosial resmi yang dikelola oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai sarana utama dalam menyebarluaskan informasi, dokumentasi, serta membangun citra Tim Nasional Sepak Bola Indonesia di ranah digital. Melalui akun ini, berbagai konten visual seperti foto, video, dan infografis mengenai aktivitas tim, hasil pertandingan, sesi latihan, hingga interaksi dengan para penggemar secara rutin dipublikasikan. Konten-konten tersebut tidak hanya berfungsi sebagai dokumentasi, tetapi juga sebagai media komunikasi visual yang efektif dalam membangun rasa kebersamaan, nasionalisme, dan kebanggaan terhadap identitas bangsa. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui papakha terdapat pengaruh strategi konten interaktif pada akun Instagram @timnasindonesia terhadap Fear of Missing Out (FoMO). Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uses and Gratifications, dengan penelitian kuantitatif deskriptif. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Stratified Random Sampling dengan sampel 100 responden. Penelitian membuktikan bahwa strategi konten interaktif berpengaruh signifikan terhadap FoMO (R² = 0.225) dan loyalitas penggemar (R² = 0.210). Persamaan regresi untuk FoMO: Y = 3.829 + 0.582X, dan untuk loyalitas penggemar: Y = 12.913 + 1.067X. Kedua hubungan signifikan (sig. < 0.05). Peneliti dapat menyimpulkan bahwa strategi konten interaktif berpengaruh signifikan terhadao FoMO dan loyalitas penggemar. Strategi konten yang menarik dan interaktif terbukti mampu memicu FoMO serta membangun loyalitas jangka Panjang dikalangan penggemar timnas. Temuan ini sejalan dengan teori Uses and Gratifications, yang menyatakan bahwa pengguna aktif mencari informasi dan interaksi sosial melalui media sosial. Keterbatasan penelitian terletak pada keakuratan jawaban responden. Disarankan agar akun Instagram @timnasindonesia tetap konsisten menjaga identitas visual dan terus mengembangkan konten yang menarik serta interaktif untuk meningkatkan keterlibatan penggemar. Kata Kunci: interaktif, Missing Out, Loyalitas Penggemar, Timnas Indonesia, Uses Gratifications.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 06:19 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |