Khoiriyah, Siti Sariatul (2025) PENGARUH INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) DAN KUALITAS LAYANAN DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN LAYANAN SHOPEEFOOD PADA APLIKASI SHOPEE (Survey pada Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100004_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100004_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Teknologi yang berkembang dengan pesat di era sekarang mengakibatkan perubahan dalam pola perilaku manusia, khususnya dalam aktivitas belanja. Perkembangan marketplace atau pasar online di Indonesia saat ini tidak lepas dari kebiasaan masyarakat yang menuntut kepraktisan dan kecepatan. Salah satu marketplace terbesar di Indonesia adalah PT. Shopee Internasional Indonesia yang menempati urutan ketiga. Shopee meluncurkan layanan baru bernama ShopeeFood pada bulan April 2020, yang siap bersaing dengan layanan pesan-antar makanan serupa seperti GrabFood dan GoFood (Vania & Simbolon, 2021). Berdasarkan laporan (Thomas, 2019), Nielsen Institute menyatakan bahwa sebanyak 95% penduduk Indonesia lebih menyukai makanan siap saji, dimana 58% diantaranya membeli makanan melalui layangan pesan-antar makanan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran dan kualitas layanan digital terhadap keputusan konsumen menggunakan layanan shopeefood pada aplikasi shopee dengan survay pada mahasiswa universitas islam sultan agung semarang. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori Integrated Marketing Communication yang menjelaskan tentang konsep pemasaran dengan menerapkan 5 (lima) strategi pemasaran secara terintegrasi atau bersama, yaitu: advertising, Direct Marketing, Sales promotion, Personal Selling, dan Public relation. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner pada 100 responden dengan menggunakan teknik Random Sampling. Dengan analisis data menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS 25 dan teknik pengujian data yang digunakan adalah uji kualitas data, analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengujian validitas semua item pertanyaan dinyatakan valid sedangkan pada uji reliabilitas semua variabel integrated marketing communication sebesar 0,930, variabel kualitas layanan digital sebesar 0,935, dan variabel keputusan konsumen sebesar 0,936. Dengan demikian uji hipotesis pengaruh Integrated Marketing Communication dan kualitas layanan digital didapat menolak Ho dan menerima Ha, artinya ada pengaruh signifikan antara integrated Marketing communication dan kualitas layanan digital terhadap keputusan konsumen. Kata kunci : Integrated Marketing Communication, Kualitas Layanan Digital, Keputusan Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 09:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |