SAFITRI, FIRA DEANANTA (2025) PENGARUH VIDEO EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PROTEIN HEWANI DI KELURAHAN KUNDURAN, KECAMATAN KUNDURAN, KABUPATEN BLORA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Kebidanan_32102100058_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
![]() |
Text
Kebidanan_32102100058_fullpdf.pdf Download (6MB) |
Abstract
Latar Belakang : Pengetahuan yang rendah merupakan salah satu penyebab terjadinya anemia kehamilan, Upaya preventif pencegahan anemia kehamilan adalah dengan memberikan edukasi tentang protein hewani untuk mencegah anemia melalui media video. Media video memiliki keunggulan dapat diputar berkali-kali dan mudah diingat. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video edukasi terhadap peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang protein. Metode : Studi Pre-experimental dengan rancangan One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian terdiri dari 36 ibu hamil yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael. Pengumpulan data melalui kuesioner preposttest dengan intervensi penayangan video edukasi tentang protein hewani selama 1x 6 menit. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan ibu hamil setelah diberikan edukasi melalui video, dengan p-value < 0,009 yang menunjukkan bahwa video edukasi memiliki pengaruh signifikan terhadap pengetahuan ibu hamil tentang protein hewani. tetapi tidak ada pengaruh pendidikan terhadap pengetahuan ibu hamil tentang protein hewani. Kata Kunci : Anemia, Ibu Hamil, Protein hewani, Media Video, Pengetahuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Fakultas Farmasi Fakultas Farmasi > S1 Kebidanan |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 06:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |