PENGARUH PENGGUNAAN GAME BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V

Lathifah, Iva (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GAME BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100108_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100108_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Baamboozle berbasis game-based learning terhadap literasi sains siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pundenaru 1 yang berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian berupa soal esai yang terdiri dari 10 soal pretest dan 10 soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa antara pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest sebesar 50,8, sedangkan rata-rata posttest meningkat menjadi 78,4. Berdasarkan analisis menggunakan uji paired t-test, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukkan sig. (2-tailed) < α (0,05). Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Baamboozle berbasis game-based learning terhadap literasi sains siswa kelas V SD. Kata Kunci: Baamboozle, Game-based learning, Literasi sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2025 02:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40473

Actions (login required)

View Item View Item