Afinia, Khilda (2025) STRATEGI PROMOSI JASA PENGIRIMAN “JASTIP KAPTENKO” DI ERA DIGITAL MARKETING DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN LAYANAN SEJENIS DI KOTA PEKALONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100047_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100047_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi promosi Jastip Kaptenko di era digital marketing. Permasalahan ini terkait bagaimana strategi promosi yang digunakan oleh Jastip Kaptenko dalam menghadapi persaingan dengan jasa sejenis di Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model (ELM). Penelitian ini menggunakan konsep Promotional Mix yang mencakup perencanaan strategis dan pelaksanaan konsep produk, strategi penetapan harga, upaya promosi, dan metode distribusi yang bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi tujuan individu dan organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memahami strategi promosi yang diterapkan, seperti advertising, sales promotion, dan direct marketing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Promotional Mix yang diterapkan Jastip Kaptenko dinilai dapat memanfaatkan beberapa hal terkait penggunaan iklan digital, promosi penjualan melalui voucher, dan pendekatan personal selling memiliki pengaruh signifikan dalam menarik perhatian pelanggan. Maka dari itu, Jastip Kaptenko perlu merancang strategi promosi yang lebih inovatif dan berkelanjutan, seperti program loyalitas atau kemitraan dengan influencer lokal memanfaatkan platform digital, terutama media sosial, untuk meningkatkan brand awareness dan loyalitas pelanggan. Penerapan ELM dalam Strategi Promosi Jastip Kaptenko melalui rute central. Pelanggan akan lebih cenderung memproses data secara menyeluruh jika mereka memiliki motivasi atau keinginan tinggi, seperti kebutuhan kuat untuk layanan pengiriman. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi antara digital marketing dan layanan pelanggan yang responsif memberikan keunggulan kompetitif bagi Jastip Kaptenko di pasar yang di persaingan usaha sejenis. Penelitian ini memberikan sumbangan signifikan terhadap kemajuan ilmu komunikasi, terkhusus dalam area strategi pemasaran digital dan campuran promosi dalam konteks layanan pengiriman berbasis digital. Diharapkan untuk Jastip Kaptenko bisa mengembangkan layanan dengan mengembangkan system pelacakan, Kerjasama strategis dan peningkatan feedback pelanggan. Kata Kunci : Strategi Promosi, Bauran Promosi, Digital Marketing, Jasa Pengiriman, Persaingan Bisnis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:08 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40385 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |