STRATEGI PEMASARAN BRAND KIPASOAK DALAM MEMPERKUAT IDENTITAS KEARIFAN LOKAL

AFIFATURROHMAH, FATIKHA (2025) STRATEGI PEMASARAN BRAND KIPASOAK DALAM MEMPERKUAT IDENTITAS KEARIFAN LOKAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100041_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100041_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena Brand Kipasoak (KAOS APIK), toko kaos branded asal Kabupaten Pati yang berhasil menjadi tren di antara distro lain di daerah tersebut. Brand ini mampu menarik minat masyarakat, baik di dalam maupun di luar Kabupaten Pati, dengan desain kaos yang unik dan autentik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran Brand Kipasoak dalam mempertahankan eksistensinya sebagai pelopor desain kaos khas Pati di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui wawancara mendalam (depth interview). Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dengan pendekatan teori Integrated Marketing Communication (IMC) serta konsep Marketing Mix, yang mencakup aspek produk, harga, distribusi dan promosi dalam strategi pemasaran Brand Kipasoak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Kipasoak berhasil memanfaatkan elemen budaya lokal Pati, seperti dialek khas dalam desain dan pemasarannya. Kaos dengan desain berbasis dialek Pati menjadi simbol identitas masyarakat lokal serta mereka yang tinggal di luar daerah. Strategi komunikasi yang digunakan, seperti pemanfaatan media sosial dan desain edukatif berbasis kutipan Al-Qur’an, meningkatkan popularitas dan kepercayaan masyarakat terhadap brand ini. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada cakupan sampel yang masih terbatas pada wilayah tertentu, sehingga belum dapat menggambarkan strategi pemasaran Kipasoak di tingkat nasional. Selain itu, penelitian ini hanya berfokus pada perspektif internal perusahaan tanpa menggali lebih dalam pandangan konsumen terhadap efektivitas strategi pemasaran yang diterapkan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi penerapan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dalam industri kreatif berbasis lokal serta adaptasi tren global tanpa mengesampingkan elemen budaya lokal yang menjadi ciri khas Brand Kipasoak. Kata Kunci: Brand Kipasoak, Strategi Pemasaran, Kearifan Lokal, Loyalitas Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 22 May 2025 04:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40380

Actions (login required)

View Item View Item