HUBUNGAN INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @KDRAMANEWS.ID TERHADAP KEPUASAN INFORMASI DAN KEPUTUSAN MENONTON DRAMA KOREA PADA FOLLOWERS

Nurrengganis, Amelia Berliana (2025) HUBUNGAN INTENSITAS MENGAKSES AKUN INSTAGRAM @KDRAMANEWS.ID TERHADAP KEPUASAN INFORMASI DAN KEPUTUSAN MENONTON DRAMA KOREA PADA FOLLOWERS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100018_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802100018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)

Abstract

Hubungan Intensitas Mengakses Akun Instagram @kdramanews.id Terhadap Kepuasan Informasi dan Keputusan Menonton Drama Korea Pada Followers Amelia Berliana Nurrengganis 32802100018 Penelitian ini berangkat dari pesatnya kemajuan teknologi dan internet, yang berkontribusi pada munculnya media sosial sebagai sarana pertukaran informasi secara cepat. Instagram, sebagai salah satu platform yang banyak digunakan, memungkinkan penyebaran konten secara luas. Akun @kdramanews.id hadir sebagai sumber informasi mengenai drama Korea, yang popularitasnya telah merambah ke berbagai negara. Tingginya minat terhadap drama Korea menjadikannya sebagai medium potensial dalam memperkenalkan serta mempromosikan budaya dan keberagaman Korea Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas mengakses akun Instagram @kdramanews.id dengan kepuasan informasi yang diperoleh followers, serta pengaruhnya terhadap keputusan menonton drama Korea. Mengacu pada Teori SO-R, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma positivis dan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang diisi oleh 100 responden, yang merupakan followers akun @kdramanews.id, dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis menggunakan uji Korelasi Rank Spearman menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan pada intensitas mengakses akun Instagram @kdramanews.id (X) terhadap kepuasan informasi pada followers (Y1) dengan nilai signifikansi 0,001 (<0,05) serta korelasi senilai 0,427, yang termasuk dalam kategori hubungan sedang (moderate correlation). Selain itu, ditemukan hubungan signifikan pada intensitas mengakses akun Instagram @kdramanews.id (X) terhadap keputusan menonton drama Korea pada followers (Y2) yang mempunyai nilai signifikansi 0,001 (<0,05) serta korelasi senilai 0,448, yang juga menunjukkan hubungan sedang. Dengan demikian, dapat diartikan ketika intensitas mengakses akun Instagram @kdramanews.id (X) meningkat, kepuasan informasi (Y1) dan keputusan menonton drama Korea (Y2) juga meningkat. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada responden yang terbatas, sehingga hasilnya belum dapat digeneralisasikan secara luas. Oleh karena itu, penelitian berikutnya diberikan saran dalam memperluas jumlah sampel serta mempertimbangkan faktor lain yang bisa memberikan dampak kepuasan informasi dan keputusan menonton drama Korea, misalnya keterlibatan audiens atau jenis konten yang disajikan. Kata Kunci : Intensitas Mengakses, Kepuasan Informasi, Instagram, Keputusan Menonton, Media Baru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 04:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40365

Actions (login required)

View Item View Item