CAHYANI, ADHISA RIZKY (2025) MANAJEMEN KRISIS HUMAS POLDA JAWA TENGAH DALAM PENGELOLAAN ISU CALO PENERIMAAN BINTARA POLRI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100013_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100013_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya isu calo dalam penerimaan Bintara Polri yang mengancam reputasi Polda Jawa Tengah dan kepercayaan masyarakat terhadap institusi hukum. Adapun tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi manajemen krisis Humas Polda Jawa Tengah dalam pengelolaan isu calo tersebut. Adapun permasalahannya adalah bagaimana manajemen krisis yang dilakukan Humas Polda Jawa Tengah dalam menangani isu calo penerimaan Bintara Polri. Penelitian ini meggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan paradigma kontruktivisme. Teori yang menjadi landasan penelitian ini adalah Teori Manajemen krisis yang merujuk pada definisi Coombs & Holladay dan Teori Perbaikan Citra yang merujuk pada definisi William I. Benoit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen krisis Humas Polda Jawa Tengah efektif dalam menangkal isu calo dan memulihkan citra institusi melalui Pre-crisis, Crisis, Pasca Crisis, Denial, Evasion of Responsibility, Reducing the Offensiveness, Corrective Action dan Mortification. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini adalah keterbatasan waktu menjadi faktor penting dalam penelitian ini, membatasi kemampuan peneliti untuk melakukan observasi mendalam, yang dapat mempengaruhi kualitas data dan analisis, sehingga hasil penelitian mungkin tidak sepenuhnya representatif. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk dilakukan secara lebih komprehensif dengan melibatkan berbagai wilayah serta menggunakan metode kuantitatif untuk menghasilkan data yang lebih representatif. Selain itu, analisis jangka panjang terhadap dampak strategi manajemen krisis juga diperlukan guna memperkaya wawasan dan mengoptimalkan efektivitas penanganan isu serupa di masa mendatang. Kata Kunci : Manajemen Krisis, Humas Polda Jawa Tengah, Isu Calo, Penerimaan Bintara Polri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 May 2025 04:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40364 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |