STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CAFÉ EMBUN SENJA SEMARANG DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

Al-Fuady, Muhammad Bahrul Alam (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CAFÉ EMBUN SENJA SEMARANG DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000072_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000072_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Café Embun Senja di Semarang dengan fokus pada proses peningkatan penjualan. Dalam dunia kuliner yang semakin kompetitif, komunikasi pemasaran yang efektif menjadi salah satu faktor penting untuk menarik perhatian konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, di mana data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan manager dan staf Café Embun Senja, serta observasi langsung di lokasi penelitian. Melalui analisis terhadap berbagai strategi komunikasi yang digunakan, penelitian ini menemukan bahwa media sosial, terutama Instagram, menjadi instrumen vital dalam mempromosikan produk dan menciptakan hubungan dengan pelanggan. Selain itu, strategi promosi yang meliputi diskon, event spesial, dan konten menarik baik secara visual maupun informatif juga berkontribusi signifikan terhadap peningkatan jumlah pengunjung dan penjualan. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana personal selling dilakukan oleh staf di café untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan menyenangkan bagi pelanggan, yang mendorong mereka untuk kembali. Hasil analisis menunjukkan bahwa kombinasi dari berbagai elemen komunikasi pemasaran, termasuk advertising, public relations, dan direct marketing, memberikan dampak positif terhadap loyalitas pelanggan. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat memberikan wawasan dan rekomendasi bagi manajemen Café Embun Senja dalam meningkatkan strategi komunikasi pemasaran mereka agar dapat lebih efektif dalam menarik konsumen dan bersaing di industri kuliner yang terus berkembang. Kata Kunci: Strategi komunikasi pemasaran, Penjualan, media sosial, promosi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 04:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40346

Actions (login required)

View Item View Item