STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU KOMUNITAS MTG BONSAI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMASARAN BONSAI DALAM MENINGKATKAN NILAI JUAL

Chalim, Ato'il (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU KOMUNITAS MTG BONSAI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMASARAN BONSAI DALAM MENINGKATKAN NILAI JUAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900022_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900022_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara masyarakat berkomunikasi dan berbisnis, dengan media sosial menjadi instrumen strategis dalam aktivitas pemasaran. Penelitian ini fokus pada strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh komunitas petani bonsai MTG Bonsai di Semarang melalui media sosial untuk meningkatkan nilai jual bonsai lokal. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme sosial, penelitian menggali bagaimana komunitas memanfaatkan platform digital seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan TikTok untuk memperkenalkan, memasarkan, dan mengedukasi masyarakat tentang bonsai.Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran terpadu mencakup storytelling yang mengedepankan nilai historis dan kultural bonsai, diversifikasi konten sesuai karakteristik platform, kolaborasi dengan influencer, dan integrasi teknologi canggih seperti AR/VR. Pendekatan ini berhasil mengatasi tantangan pemasaran produk tradisional di era digital, seperti persepsi bonsai sebagai hobi kuno dan keterbatasan representasi visual. Penelitian menyimpulkan bahwa media sosial dapat menjadi jembatan yang menghubungkan warisan budaya tradisional dengan pasar modern, membuka peluang baru bagi komunitas petani bonsai dalam mengembangkan bisnis dan melestarikan nilai ekonomi produk budaya lokal. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Media Sosial, Bonsai Lokal, Strategi Digital, Pemasaran Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 May 2025 04:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40325

Actions (login required)

View Item View Item