PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN FOMO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN BANK DIGITAL DI INDONESIA DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Pandawa, Rengga Yoga (2025) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN FOMO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN BANK DIGITAL DI INDONESIA DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300275_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300275_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan Fear of Missing Out (FOMO) terhadap minat masyarakat dalam menggunakan bank digital di Indonesia, dengan kepercayaan sebagai variabel moderasi. Seiring meningkatnya digitalisasi dalam sektor perbankan, pemahaman mengenai faktor-faktor yang mendorong minat masyarakat untuk menggunakan bank digital menjadi sangat penting, terutama di tengah kekhawatiran mengenai keamanan dan keandalan layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 464 responden, baik pengguna maupun non-pengguna layanan bank digital yang tersebar di seluruh Indonesia. analisis data menggunakan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS versi 4.1.0.2. Kualitas layanan diukur menggunakan indikator seperti keandalan, kecepatan akses, kemampuan respon, dan personalisasi layanan. Sementara itu, FOMO diukur melalui indikator persepsi kehilangan kesempatan, kecemasan sosial, dorongan mengadopsi teknologi baru, dan pengaruh media sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan bank digital. Namun, FOMO terbukti berpengaruh signifikan dalam meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan layanan tersebut. Selain itu, kepercayaan memiliki efek moderasi yang signifikan namun negatif terhadap hubungan antara FOMO dan minat penggunaan. Artinya, ketika kepercayaan terhadap bank digital meningkat, pengaruh FOMO terhadap minat penggunaan cenderung menurun. Hal ini mengindikasikan bahwa pengguna yang sudah percaya pada keamanan bank digital cenderung membuat keputusan yang lebih rasional dan tidak terlalu terpengaruh oleh tren atau tekanan sosial. Di sisi lain, kepercayaan tidak memoderasi hubungan antara kualitas layanan dan minat penggunaan bank digital. Kata Kunci: Bank Digital, Kepercayaan, Kualitas Layanan, FOMO

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 07 May 2025 04:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40295

Actions (login required)

View Item View Item