ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SUNAN KALIJAGA DEMAK

SOFIYAH, SOFIYAH (2013) ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) SUNAN KALIJAGA DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover_1.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_1.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi_1.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Sofiyah, 04.208.9758 E, Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sunan Kalijaga Demak RSUD Sunan Kalijaga Demak merupakan rumah sakit yang mempunyai Standar Mutu Pelayanan. Standar pelayanan ini berorientasi kepada kepuasan pelanggan dan merupakan standar yang komprehensif bagi perusahaan pelayanan jasa kesehatan seperti RSUD Sunan Kalijaga Demak. Salah satu upaya RSUD Sunan Kalijaga Demak untuk memenangkan persaingan adalah dengan meningkatan mutu produk atau jasa pelayanan kepada pasien yang memanfaatkan jasa pelayanan kesehatan tersebut. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk untuk mengetahui kualitas pelayanan RSUD Sunan Kalijaga Demak, untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh masing-masing variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati), terhadap kepuasan pasien rawat inap RSUD Sunan Kalijaga Demak serta untuk menganalisis variabel mana yang paling dominan dari dimensi kualitas pelayanan RSUD Sunan Kalijaga Demak yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap. Dalam pengolahan data dengan menggunakan regresi linear, dilakukan beberapa tahapan untuk mencari hubungan antara variabel independen dan variabel dependen, melalui hubungan variabel Tangibles (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4) dan Empathy (X5) dengan kepuasan pasien (Y). Untuk menunjukkan apakah variabel bebas secara individu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat serta untuk membuktikan variabel manakah yang dominan, maka digunakan uji t dan koefisien Beta yang telah distandarisasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan mengenai pengaruh kinerja pelayanan terhadap kepuasan pasien RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Variabel kinerja pelayanan yang meliputi Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati, berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak,. 2. Variabel Jaminan mempunyai pengaruh paling besar terhadap kepuasan pasien RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak,. 3. Variabel kinerja pelayanan yang meliputi variabel Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati mempunyai kemampuan menjelaskan perubahan kepuasan pasien tinggi, sedangkan perubahan variabel kepuasan pasien lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dengan proporsi yang rendah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Users 725 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2016 04:01
Last Modified: 07 Apr 2016 04:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/4003

Actions (login required)

View Item View Item