PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS VERBAL SISWA KELAS V DI SD ISLAM SULTAN AGUNG 4

Nasari, Riski (2015) PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS VERBAL SISWA KELAS V DI SD ISLAM SULTAN AGUNG 4. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Daftar Isi.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Pengaruh Brain Gym Terhadap Peningkatan Kreativitas Verbal Siswa Kelas V Di SD Islam Sultang Agung 4 74 hal + 13 tabel + xv Latar Belakang : Masa anak merupakan masa yang tepat untuk mengembangkan berbagai potensi termaksuk potensi berbahasa yaitu kreativitas verbal. Kreativitas verbal adalah kemampuan dalam mengekspresikan ide-idenya dan mengembangkan gagasan atau idenya melalui rangkaian kata-kata. Untuk itu dibutuhkan stimuli yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan cara yang menyenangkan dan tidak membebani, salah satunya adalah senam otak. Senam otak adalah serangkaian gerakan untuk menstimulasi otak dan terbukti dapat meningkatkan berbagai fungsi otak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap peningkatan kreativitas verbal anak. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment Group Designs dengan rancangan pre and post test group designs. Sampel dipilih dari semua siswa kelas 5 sesuai dengan kriteria inklusi yang berjumlah 56 orang. Kemudian dibagi dalam kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Senam otak diberikan setiap hari, selama 2 minggu. Untuk pengukuran kreativitas verbal digunakan tes kreativitas verbal dari munandar. Uji analisis statistic yang digunakan yaitu uji Wilcoxon-test dan Mann-Withney. Hasil : Berdasarkan hasil analisis kreativitas verbal pretest dan postes pada kelompok intervensi menunjukkan P-value 0.003 (p<0.020) dan hasil postest pada kedua kelompok juga menunjukkan ada perbedaan yang bermakna yaitu nilai P-value sebesar 0.020 (p<0.05). Simpulan : Hasil penelitian ini menunjukkan Brain Gym terbukti berpengaruh meningkatkan kemampuan kreativitas verbal anak. Kata kunci : kreativitas verbal, senam otak, anak Daftar Pustaka : 31 (2007–2015)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Aug 2015 06:09
Last Modified: 11 Aug 2015 06:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item View Item