PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL ISLAMI TERHADAP MINAT BERWIRA USAHA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA

SUMIATI, SUMIATI (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL ISLAMI TERHADAP MINAT BERWIRA USAHA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300276_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300276_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pendidikan kewirausahaan yang efektif dan lingkungan sosial yang mendukung dalam meningkatkan minat berwirausaha pada santri. Pendidikan kewirausahaan berperan dalam memberikan pengetahuan dan keterampilan berwirausaha, sedangkan lingkungan sosial yang kondusif memberikan dukungan emosional dan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha santri Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Sampel penelitian terdiri dari santri Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data mencakup angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pendidikan Kewirausahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,757 dan tingkat signifikansi 0,000. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa 56,2% variasi minat berwirausaha dapat dijelaskan oleh pendidikan kewirausahaan. Lingkungan Sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,821 dan tingkat signifikansi 0,000. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa 52,5% variasi minat berwirausaha dapat dijelaskan oleh lingkungan sosial. Pengaruh secara Bersama, Pendidikan kewirausahaan dan lingkungan sosial secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, dengan nilai R Square sebesar 0,652. Hal ini berarti 65,2% variasi minat berwirausaha dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut secara bersama-sama. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya kombinasi pendidikan kewirausahaan yang efektif dan lingkungan sosial yang mendukung untuk meningkatkan minat berwirausaha santri. Implementasi strategi ini diharapkan dapat menciptakan generasi santri yang mandiri dan berorientasi wirausaha. Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Sosial, Minat Berwirausaha

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2025 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39559

Actions (login required)

View Item View Item