MELYUNI, INA (2025) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT (PPT) DAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS DARUNNAJAH JAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300255_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300255_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penggunaan media pembelajaran yang efektif dan kompetensi mengajar guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Media PowerPoint (PPT) yang interaktif dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik, sementara kompetensi mengajar guru memegang peranan kunci dalam menciptakan suasana belajar yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media PowerPoint (PPT) dan kompetensi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Darunnajah Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII MTs Darunnajah Jakarta yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data mencakup angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media PowerPoint (PPT) berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.757 dan tingkat signifikansi 0.000. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa 59.2% variasi motivasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh penggunaan media PPT. Kompetensi mengajar guru juga berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan koefisien regresi sebesar 0.821 dan tingkat signifikansi 0.000. Uji determinasi menunjukkan bahwa 62.5% variasi motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh kompetensi mengajar guru. Secara bersama-sama, penggunaan media PPT dan kompetensi mengajar guru memberikan pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai R Square sebesar 0.752. Artinya, 75.2% variasi motivasi belajar siswa dijelaskan oleh kedua variabel ini, sedangkan 24.8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa kombinasi antara media pembelajaran yang menarik dan kompetensi mengajar guru yang baik sangat penting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Implementasi strategi ini diharapkan dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif di MTs Darunnajah Jakarta. Kata Kunci: Media PowerPoint (PPT), Kompetensi Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:51 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |