IMPLEMENTASI METODE LANGSUNG (THARIQAH MUBASYARAH) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH ULUJAMI PESANGGRAHAN JAKARTA SELATAN

Imronah, Nama (2025) IMPLEMENTASI METODE LANGSUNG (THARIQAH MUBASYARAH) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SANTRI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH ULUJAMI PESANGGRAHAN JAKARTA SELATAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300254_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300254_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Implementasi Metode Langsung (Thariqah Mubasyarah) terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Santri Darunnajah Ulujami Jakarta Selatan”. Metode langsung (Thariqah Mubasyarah) adalah pendekatan pembelajaran bahasa yang secara aktif menekankan penggunaan bahasa Arab tanpa menerjemahkannya ke dalam bahasa aslinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pengimplementasian perencanaan dan pelaksanaan penerapan metode langsung (Thariqah Mubasyarah) dalam keterampilan berbahasa Arab pada santri dan untuk mengidentifikasi apa saja kekurangan dan kelebihan metode langsung (Thariqah Mubasyarah) dalam keterampilan berbicara bahasa Arab pada Santri di Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami Pesanggrahan Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Faktor utama yang mendukung keberhasilan metode ini adalah lingkungan berbahasa Arab yang kondusif, metode pengajaran interaktif, dan inklusi aktif santri dalam proses pembelajaran. Namun, beberapa hambatan yang ditemukan termasuk perbedaan dalam kemampuan santri, kurangnya media belajar di antara beberapa santri dalam komunikasi dengan bahasa Arab, dan kepercayaan diri yang rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode langsung (Thariqah Mubasyarah) dapat diimplimentasikan dalam keterampilan berbicara bahasa Arab pada santri Pondok Pesantren Darunnajah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah memperkuat lingkungan keterampilan berbahasa Arab, menggunakan teknologi sebagai media dukungan, dan pelatihan khusus oleh guru untuk mengoptimalkan penerapan metode ini. Kata Kunci: Metode Langsung #Keterampilan Berbicara #Pembelajaran Bahasa Arab # Pondok Pesantren Darunnajah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2025 07:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39471

Actions (login required)

View Item View Item