PENGARUH MANAJERIAL EKSTRAKURIKULER QIROATI DAN PEMBELAJARAN QIROATI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI MTS AL ISLAMIYAH 242 JAKARTA BARAT

Nurzanah, Ervina (2025) PENGARUH MANAJERIAL EKSTRAKURIKULER QIROATI DAN PEMBELAJARAN QIROATI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI MTS AL ISLAMIYAH 242 JAKARTA BARAT. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300249_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300249_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh pengaruh manajerial ekstrakurikuler Qiroati dan pembelajaran Qiroati terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di MTs Al Islamiyah 242 Jakarta Barat. Manajerial ekstrakurikuler Qiroati bertujuan mengelola kegiatan di luar kelas, sementara pembelajaran Qiroati dirancang untuk membekali siswa dengan keterampilan membaca Al-Qur'an secara terstruktur. Kedua pendekatan ini dikombinasikan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap kemampuan siswa. Dengan menggunakan metode kuantitatif dalam desain eksperimen kuasi, penelitian dilakukan terhadap siswa yang mengikuti program Qiroati. Data diperoleh melalui observasi, tes pre-test dan post-test, serta dokumentasi. Analisis regresi linear berganda diterapkan untuk memahami hubungan antara manajerial ekstrakurikuler dan pembelajaran Qiroati, baik secara individu maupun kombinasi, terhadap kemampuan siswa membaca Al-Qur'an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi manajerial ekstrakurikuler dan pembelajaran Qiroati memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa, yang terlihat dari hasil post-test (F-statistik 0.000, p < 0.05). Nilai koefisien determinasi meningkat dari -0.042 pada pre-test menjadi 0.191 pada post-test, mencerminkan kontribusi kombinasi kedua variabel terhadap variabilitas kemampuan membaca siswa. Pembelajaran Qiroati secara parsial memberikan pengaruh signifikan dengan koefisien 0.455 (p < 0.05), sementara manajerial ekstrakurikuler menunjukkan pengaruh tidak signifikan secara parsial. Temuan ini menyoroti pentingnya inovasi dalam pengelolaan ekstrakurikuler dan pembelajaran untuk meningkatkan hasil pendidikan, khususnya dalam membaca Al-Qur'an. Kata Kunci: Manajerial ekstrakurikuler Qiroati, pembelajaran Qiroati, kemampuan membaca Al-Qur'an, regresi linear.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2025 07:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39463

Actions (login required)

View Item View Item