ANALISIS KONTRIBUSI K.H. ABDUL MANAF MUKHAYYAR TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN WAKAF

Mardiana, Ana (2025) ANALISIS KONTRIBUSI K.H. ABDUL MANAF MUKHAYYAR TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN WAKAF. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300241_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300241_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)

Abstract

Pendidikani Islami di Indonesiai memiliki perani strategisi dalami membentuk karakter dan mencerdaskani generasi bangsai, dengan pesantren sebagai salah satu pilar utamanya. Dalam konteks ini, K.H. Abdul Manaf Mukhayyar menjadi salah satu tokoh sentral yang memiliki kontribusi yang besar melalui kiprah beliau dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan berbasis pesantren wakaf. Model pendidikan ini tidaki hanyai berfungsii sebagai lembaga pembelajaran agama tetapii juga sebagai pusat pengembangan masyarakat yang mandiri dan berkelanjutan. Namun, pemahaman mengenai kontribusi beliau secara komprehensif masih terbatas. iOleh ikarenai iitu, ipenelitian iini idilakukan iuntuk imenganalisis iperan idan kontribusi beliau dalam mengembangkan pendidikan Islam di Indonesia melalui Pendidikan berbasis pesantren wakaf, dengan harapan dapat memberikan wawasan baru bagi pengelolaan pesantren di era modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi K.H. Abdul Manaf Mukhayyar dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia melalui model pendidikan berbasis pesantren wakaf. Sebagai salah satu tokoh penting dalam sejarah pendidikan Islam, K.H. Abdul Manaf Mukhayyar telah memberikani sumbangsih yangi signifikani dalam membangun isistem pesantren iyang berlandaskan prinsip wakaf, yang tidak hanya mendukung keberlanjutan operasional pesantren tetapi juga memperluas akses pendidikan bagi masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah ipendekatan ikualitatif ijenis istudi tokoh dengani teknik pengumpulani data berupa wawancarai mendalami, observasii, dani analisisi dokumen sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa K.H. Abdul Manaf Mukhayyar tidak hanya berperan dalam mendirikan dan mengelola pesantren berbasis wakaf saja namun juga menggagas model pengelolaan yang efisien dan berkelanjutan, selain itu beliau juga memberikan sumbangsih yangi cukup besari dalami pengembangan kualitas Pendidikan Islam di Indonesia melalui pendidikan berbasis pesantren wakaf salah satunya yaitu pondok pesantren darunnajah yang telah memiliki kontribusi besar dalam mendidik anak bangsa mulaii darii pendidikani dasar, menengahi, sampaii pendidikani tinggi di berbagai daerah di Indonesia dan telah diwakafkan sejak awal berdirinya hingga sekarang. Kata Kunci: K.H. Abdul Manaf Mukhayyar, Pendidikan Islam, Pesantren Wakaf

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2025 07:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39452

Actions (login required)

View Item View Item