FARIDA, ANA (2025) IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM DALAM MENINGKATKAN LITERASI MENULIS SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300240_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300240_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji implementasi hidden curriculum dalam meningkatkan literasi menulis santri di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Literasi menulis merupakan keterampilan esensial yang harus dimiliki santri untuk mengungkapkan ide, pemikiran, dan pengetahuan secara tertulis. Namun, kemampuan ini masih menjadi tantangan bagi sebagian besar santri. Hidden curriculum, yang mencakup nilai-nilai, norma, dan kebiasaan yang tidak diajarkan secara eksplisit melalui kurikulum formal, dipandang memiliki potensi besar untuk meningkatkan kemampuan literasi menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen yang melibatkan santri, pengajar, dan pengasuh di Pondok Pesantren Darunnajah. Fokus penelitian adalah pada penerapan hidden curriculum dalam berbagai aspek kehidupan pesantren, seperti kegiatan keagamaan, interaksi sosial, dan aktivitas ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hidden curriculum di Pondok Pesantren Darunnajah secara signifikan mendukung peningkatan literasi menulis santri. Interaksi sosial yang kaya, kedisiplinan yang terjaga, dan budaya pesantren yang mendukung menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk pengembangan keterampilan menulis. Kegiatan seperti penulisan refleksi harian, pembuatan laporan kegiatan, dan penerbitan buletin mendorong santri untuk berlatih menulis secara rutin. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dengan memperkaya kajian tentang hidden curriculum dalam pendidikan pesantren. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi pengelola pesantren dalam mengintegrasikan hidden curriculum untuk meningkatkan keterampilan menulis santri. Penelitian ini juga merekomendasikan pengembangan strategi literasi berbasis hidden curriculum yang dapat diterapkan secara lebih luas di lingkungan pendidikan Islam. Kata Kunci: Hidden Curriculum, Literasi Menulis, Pondok Pesantren, Pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |