PERAN SIKAP KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI PONDOK PESANTREN ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM BOGOR

Turhamun, Ahmad (2025) PERAN SIKAP KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI PONDOK PESANTREN ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM BOGOR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300238_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300238_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)

Abstract

Kepemimpinan dalam dunia pendidikan memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sikap kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru di Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan pimpinan pesantren serta para guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan di Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 didominasi oleh sikap kepemimpinan transformasional dan visioner, yang mendorong guru untuk lebih berinovasi dalam mengajar, meningkatkan disiplin, serta menciptakan lingkungan kerja yang harmonis. Faktor utama yang berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru meliputi motivasi, penghargaan terhadap kerja keras, serta komunikasi yang efektif antara pimpinan dan guru. Selain itu, strategi kepemimpinan yang melibatkan pelatihan profesional, sistem evaluasi berkala, dan pemberian apresiasi terbukti efektif dalam meningkatkan produktivitas serta profesionalisme tenaga pendidik di pesantren. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan yang baik memiliki dampak signifikan dalam membangun budaya kerja positif, meningkatkan motivasi, dan mendorong inovasi dalam pengajaran. Oleh karena itu, penting bagi pimpinan pesantren untuk terus mengembangkan strategi kepemimpinan yang mampu mendukung kinerja guru secara optimal guna meningkatkan kualitas pendidikan di pesantren. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kinerja Guru, Pondok Pesantren, Transformasional, Visioner.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2025 07:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39444

Actions (login required)

View Item View Item