MODEL PEMBELAJARAN LOK-R SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA KURIKULUM MERDEKA DI MTS N 3 SRAGEN

HUDA, SHOFA NURUL (2025) MODEL PEMBELAJARAN LOK-R SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA KURIKULUM MERDEKA DI MTS N 3 SRAGEN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300187_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300187_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya tingkat literasi di Indonesia menjadi tantangan bagi dunia pendidikan, terutama dalam meningkatkan pemahaman membaca peserta didik. Hasil survei PISA 2022, Indonesia menempati peringkat ke-62 dari 79 negara peserta. Hal lain menjelaskan bahwa siswa Indonesia hanya dapat menjawab materi pada level 1-3, yaitu pada tahap LOTS (Lower Order Thinking Skill), dan belum dapat mencapai HOTS (Higher Order Thinking Skill). Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk memperoleh pengetahuan tentang proses peningkatan pemahaman bacaan akidah akhlak melalui Literasi, Orientasi, Kolaborasi, Refleksi (LOK-R); dan 2) untuk memperoleh hasil peningkatan pemahaman bacaan akidah akhlak melalui Literasi, Orientasi, Kolaborasi, Refleksi (LOK-R). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research) dengan pendekatan mixed method. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta pre-test dan post-test yang melibatkan 34 peserta didik di MTs N 3 Sragen. Informan terdiri atas kepala madrasah, pendidik-pendidik dan sampel peserta didik yang diambil secara purposif. Penelitian ini menemukan dari analisis data dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, One Way ANOVA, Repeated Measure ANOVA, serta Post Hoc Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji OneWay ANOVA menghasilkan nilai signifikansi < 0.001, menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam pemahaman membaca setelah penerapan model LOK-R. Hasil Repeated Measure ANOVA juga menunjukkan perbedaan signifikan, dengan nilai signifikansi sphericity assumed < 0.001. Uji Post Hoc Test mengonfirmasi bahwa setiap perbedaan antar kelompok signifikan dengan nilai Sig. < 0.05. Dengan demikian, model pembelajaran LOK-R terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak. Kata Kunci: LOK-R, Literasi, Akidah Akhlak, Model Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 15 May 2025 07:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39421

Actions (login required)

View Item View Item