NAZALIAH, NADILAH (2025) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL HIYAL ‘ULYA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200076_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200076_fullpdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah bimbingan dan arahan dari pendidik terhadap peserta didik. Pendidikan tidak hanya berlaku di sekolah pendidikan utama yang diberikan orang tua terhadap anak adalah pendidikan di lingkungan keluarga. Orang tua memiliki peranan yang penting dalam pendidikan anak. Keluarga merupakan lingkungan pertama seorang anak mendapatkan pendidikan, mengenal nilai-nilai serta peraturan-peraturan yang harus diikuti yang mendasari anak untuk melakukan hubungan sosial dengan lingkungan yang lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orangtua terhadap perkembangan akhlakul karimah anak usia dini di RA Hiyal 'Ulya Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara dengan wali murid, guru kelas dan kepala sekolah. Observasi yang dilakukan untuk mengamati karakter Islami para peserta didik, dokumentasi dalam penelitian ini adalah data tentang profil sekolah, data guru, siswa dan lain-lain. Data dianalisis secara kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwasanya pola asuh orang tua dalam perkembangan akhlakul karimah anak usia dini diawali dari lingkungan keluarga teladan dalam perkembangan akhlak anak untuk mewujudkan manusia sebagai makhluk individu, sosial, berakal dan religius. Pola asuh yang digunakan orang tua dalam mendidik anak untuk perkembangan akhlakul karimah yaitu pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, pola asuh permisif, pola asuh yang digunakan sesuia dengan situasi dan kondisi orang tua dan anak. Dalam mendidik anak-anak membutuhkan strategi yang digunakan untuk perkembangan akhlakul karimah pada anak usia dini terdapat strategi keteladanan, strategi pendidikan langsung, strategi mengajak, strategi menjaslin komunikasi serta strategi menasehati. Orang-orang disekitarnya hendaknya memberikan contoh yang baik terhadap berbagai aspek perkembangan anak. Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Akhlakul Karimah, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39397 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |