Model Peningkatan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada UMKM Batik di Kota Semarang)

Nurmalika, Liya (2025) Model Peningkatan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada UMKM Batik di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Manajemen_30402100142_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30402100142_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model peningkatan kinerja pemasaran pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) batik di Kota Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM batik di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan analisis data dilakukan menggunakan SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan inovasi produk juga berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing. Selain itu, orientasi pelanggan dan inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing mampu memediasi pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran, namun tidak mampu memediasi pengaruh orientasi pelanggan terhadap kinerja pemasaran. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan UMKM batik di Semarang dan menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya. Kata kunci: Orientasi Pelanggan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 May 2025 02:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39385

Actions (login required)

View Item View Item