RESPON PADA GAGASAN MODERASI BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DI SEKOLAH

AMANAH, FATKHIYATUL (2025) RESPON PADA GAGASAN MODERASI BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DI SEKOLAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200063_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200063_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menggali informasi lebih lanjut mengenai respon guru PAI pada gagasan moderasi beragama dan implikasinya terhadap kompetensi sosial guru PAI di sekolah, yang mana penelitian ini merupakan studi kasus guru PAI yang mengajar di Kota Semarang. Gagasan moderasi beragama memiliki 4 (empat) indikator yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti radikalisme, dan akomodatif kebudayaan lokal. Dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah bagaimana respon guru PAI terhadap gagasan moderasi beragama dan bagaimana implikasi gagasan moderasi beragama terhadap kompetensi sosial guru PAI. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon guru PAI terhadap gagasan moderansi beragama dan implikasinya terhadap kompetensi sosial guru PAI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memperoleh data di lapangan. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa guru PAI menerima dan mengimplementasika gagasan moderasi beragama dalam kegiatan belajar mengajar, ditujukkan dengan guru PAI menyisipkan nilai nasionalime cinta tanah air, toleransi terhadap keragaman di lingkungan sekolah, mampu menyesuaikan dengan baik budaya di lingkungan pergaulan masyarakat sekolah. Terdapat implikasi gagasan moderasi beragama terhadap kompetensi sosial guru PAI, yaitu guru PAI dengan prinsip moderasi beragama mampu berkomunikasi dengan efektif dengan menjelaskan secara inklusif, mampu bersikap dan bertindak objektif dengan menyelesaikan suatu permasalahan dengan prinsip moderasi beragama yaitu keadilan dan kemanusiaan, mampu beradaptasi dengan lingkungan dan menciptakan suasana yang harmonis, serta mampu bersikap empati dan santun di lingkungan sekolah dan masyarakat. Kata kunci : Respon Guru PAI, Moderasi Beragama, Kompetensi Sosial Guru PAI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Apr 2025 06:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39384

Actions (login required)

View Item View Item