STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TLOGOTUNGGAL SUMBER REMBANG 2024/2025

Albab, Mohammad Ulil (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TLOGOTUNGGAL SUMBER REMBANG 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100073_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100073_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang berasal dari keluarga Broken Home, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi strategi tersebut di Sekolah Dasar Negeri 2 Tlogotunggal Sumber Rembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan melibatkan guru Pendidikan Agama Islam sebagai subjek penelitian. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang diterapkan meliputi wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Dalam analisis data, penelitian ini menggunakan teknik Milles & Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI terdiri dari beberapa pendekatan. Pertama, strategi pembiasaan yang baik kepada peserta didik, memberikan tugas tambahan di rumah, serta menyediakan jam tambahan bagi peserta didik, khususnya mereka yang berasal dari latar belakang Broken Home atau yang kesulitan memahami materi. Selain itu, terdapat strategi kolaborasi dengan TPQ di Desa Tlogotunggal untuk meningkatkan penyampaian materi Pendidikan Agama Islam. Kedua, faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi ini meliputi kesadaran guru akan pentingnya merencanakan pembelajaran yang efektif dan efisien sebagai bagian dari tugas utama mereka. Hal ini termasuk perancangan strategi pembelajaran yang akan diterapkan, dengan dukungan kerjasama yang baik dari pihak sekolah. Pihak sekolah berkomitmen untuk bekerja sama dengan guru PAI dalam mengingatkan peserta didik tentang pentingnya pelajaran PAI bagi kehidupan dunia dan akhirat. Sekolah juga menyediakan berbagai media pembelajaran, buku-buku pendukung, serta poster-poster terkait materi PAI, seperti tata cara wudhu dan sholat. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat, di antaranya kurangnya dukungan dan pengawasan dari orang tua di rumah, yang menyebabkan peserta didik tidak mengaplikasikan apa yang mereka pelajari di sekolah. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Broken Home

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 14 May 2025 02:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39235

Actions (login required)

View Item View Item