PERBEDAAN BURNOUT DAN KUALITAS HIDUP PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN TIAP ANGKATAN Studi Observasional Analitik Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kedokteran UNISSULA Tahun Ajaran 2024/2025

Terania, Millen Mayo (2025) PERBEDAAN BURNOUT DAN KUALITAS HIDUP PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN TIAP ANGKATAN Studi Observasional Analitik Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kedokteran UNISSULA Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30101800100_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30101800100_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)

Abstract

Mahasiswa kedokteran berisiko mengalami burnout dan penurunan kualitas hidup akibat tingginya tuntutan dan beban akademik. Setiap jenjang pendidikan memiliki tantangan dan beban akademik berbeda, sehingga dapat memengaruhi tingkat burnout dan kualitas hidup di tiap angkatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan burnout dan kualitas hidup pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang di tiap angkatan. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasional analitik menggunakan desain cross-sectional. Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang angkatan 2021-2024, berjumlah 594 mahasiswa (192 mahasiswa angkatan 2021, 84 mahasiswa angkatan 2022, 156 mahasiswa angkatan 2023, dan 162 mahasiswa angkatan 2024). Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner CBI-S dan WHOQOL-BREF dalam bentuk google form. Analisis data dilakukan dengan uji Kruskal-Wallis dan Mann-Whitney U menggunakan SPSS 25.0 for Windows. Hasil uji Kruskal-Wallis menunjukkan adanya perbedaan signifikan burnout dan kualitas hidup di antara keempat angkatan (p=0,000). Uji Mann-Whitney U pada burnout menunjukkan perbedaan signifikan antara angkatan 2021 dengan 2023 (p=0,015), 2021 dengan 2024 (p=0,002), 2022 dengan 2024 (p=0,008), dan 2023 dengan 2024 (p=0,000). Pada kualitas hidup, perbedaan signifikan ditemukan antara angkatan 2021 dengan 2023 (p=0,004), 2021 dengan 2024 (p=0,000), 2022 dengan 2023 (p=0,000), dan 2023 dengan 2024 (p=0,000). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan burnout dan kualitas hidup yang signifikan pada mahasiswa tiap angkatan Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang periode gasal Tahun Ajaran 2024/2025. Kata kunci : Burnout, Kualitas Hidup, Angkatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 22 Apr 2025 07:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38841

Actions (login required)

View Item View Item