ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR BERDASARKAN KRITERIA KASTOLAN

Irfana, Lilik (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR BERDASARKAN KRITERIA KASTOLAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000019_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000019_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar berdasarkan kriteria Kastolan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif deskriptif. Penelitian ini berfokus untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi hitung bentuk aljabar berdasarkan kriteria Kastolan. Dalam tahapan Kastolan memiliki jenis kesalahan yaitu kesalahan konseptual, kesalahan procedural, dan kesalahan teknik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui hasil tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis diberikan kepasda siswa SMP kelas VII A5 dengan jumlah siswa 27. Kemudian diambil 3 sampel sebagai subjek untuk melakukan wawancara. Data diidentifikasi melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan persentase soal nomor 1 dengan persentase kesalahan tiap soal sebesar 29,6%. Soal nomor 2 persentase kesalahan tiap soal sebesar 96,2%. Dan soal no.3 dengan persentase kesalahannnya sebesar 100%. Hasil persentase dari semua kesalahan yang diperoleh dikatakan siswa berkemampuan rendah karena banyak atau tingginya kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal. Kata Kunci: Operasi Aljabar, Identifikasi Kesalahan, Teori Kastolan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38834

Actions (login required)

View Item View Item