Strategi dan Promosi Melalui Social Media Management di Parcelinpack Semarang

Mukhsin, Radhyta Mahenda (2024) Strategi dan Promosi Melalui Social Media Management di Parcelinpack Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802200111_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802200111_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bisnis custom packaging saat ini kian marak, hampir setiap kota di Indonesia terdapat vendor untuk custom berbagai macam packaging yang menyediakan aneka rangkaian dengan berbagai macam varian. Begitupun dengan Parcelinpack, salah satu perusahaan kreatif packaging yang melayani bisnis lokal dan internasional mulai dari UKM (Usaha Kecil Menengah) hingga perusahaan multinasional dari berbagai industri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan promosi melalui Social Media Management di Parcelinpack Semarang. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan tipe deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kemungkinan Elaborasi atau Elaboration Likelihood Theory (ELT) dan teori AISAS. Sumber data primer yang digunakan pada penelitian ini melalui informan atau orang-orang yang ada, mengetahui, dan menguasai masalah dalam latar belakang penelitian untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan strategi yang diterapkan oleh Parcelinpack adalah memanfaatkan social media dengan membuat social media management untuk menunjang promosi Parcelinpack. Platform yang digunakan oleh Parcelinpack dalam melakukan kegiatan promosi Parcelinpack yakni Instagram dan Tiktok. Penelitian ini juga berhasil menggambarkan analisis strategi promosi Parcelinpack menggunakan ads, live dan reels dalam membagikan konten, yang sebagian besar menggunakan video agar mudah dipahami dan dibagikan customer sesuai dengan proses AISAS Attention (perhatian), Interest (ketertarikan), Search (pencarian), Action (aksi), dan Share (berbagi). Serta Parcelinpack telah berhasil menggambarkan analisis strategi promosi Parcelinpack sesuai dengan Teori Kemungkinan Elaborasi atau Elaboration Likelihood Theory (ELT) yaitu pesan-pesan yang disampaikan oleh Parcelinpack telah memengaruhi dan memproses pesan persuasif dari Parcelinpack berupa ads, mempertimbangkan dan akhirnya membeli produk-produk Parcelinpack. Kata Kunci: Strategi, Social Media Management, Promosi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38811

Actions (login required)

View Item View Item