PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN BERBASIS KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. SINERGI TEKNOGLOBAL PERKASA

ANGGIT, WIDYA (2024) PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN BERBASIS KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. SINERGI TEKNOGLOBAL PERKASA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300342_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300342_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Di era persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik guna memenuhi harapan pelanggan. Kualitas pelayanan menjadi salah satu faktor utama dalam membangun hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggannya. Pelayanan yang berkualitas mampu menciptakan kepuasan yang berakhir pada loyalitas pelanggan. Loyalitas ini sangat penting karena menjadi kunci keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan dan memperluas pangsa pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan pengalaman pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi, di PT. Sinergi Teknoglobal Perkasa. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada 120 responden yang merupakan pelanggan aktif perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan pengalaman pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan juga terbukti memediasi hubungan antara kualitas pelayanan, pengalaman pelanggan, dan loyalitas pelanggan. Kesimpulan ini menegaskan pentingnya kualitas layanan yang konsisten dan pengalaman pelanggan yang positif dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada PT. Sinergi Teknoglobal Perkasa untuk meningkatkan strategi layanan pelanggan, serta berkontribusi pada literatur mengenai loyalitas pelanggan di industri teknologi dan keamanan. Kata kunci : Loyalitas pelanggan, Kepuasan pelanggan, Kualitas pelayanan, Pengalaman pelanggan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38703

Actions (login required)

View Item View Item