GOOD CORPORATE GOVERNANCE UNTUK MENINGKATKAN TRUST DAN REPUTASI PADA BEA CUKAI DI JAWA TENGAH

KURNIAWAN, FAJAR (2024) GOOD CORPORATE GOVERNANCE UNTUK MENINGKATKAN TRUST DAN REPUTASI PADA BEA CUKAI DI JAWA TENGAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300041_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300041_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap KPPBC TMP A Semarang. Pertanyaan penelitian ini mencakup tiga aspek utama: (1) Kebijakan dan praktik GCG yang diterapkan oleh KPPBC TMP A Semarang, (2) Upaya KPPBC TMP A Semarang dalam membangun citra dan reputasi positif melalui penerapan GCG, dan (3) Rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan penerapan GCG dan memperkuat kepercayaan serta reputasi KPPBC TMP A Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, melibatkan pengumpulan data melalui arsip, wawancara, kuesioner, dan observasi. Informan penelitian terdiri dari tiga stakeholder KPPBC TMP A Semarang dan tiga masyarakat sebagai penerima manfaat dari pelaksanaan GCG. Analisis dilakukan menggunakan metode SWOT dan analisis kesenjangan antara kondisi ideal dengan praktek riil, serta pendekatan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk pemilihan alternatif strategi terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan dan praktik GCG di KPPBC TMP A Semarang telah menunjukkan komitmen dalam meningkatkan kualitas layanan dan kesesuaian dengan SOP, serta meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi sebagai bukti penerapan GCG yang efektif. Upaya untuk membangun citra positif meliputi optimalisasi prestasi dan pemanfaatan kekuatan internal dalam meningkatkan kualitas layanan. Rekomendasi perbaikan mencakup alokasi sumber daya tambahan untuk komunikasi publik, peningkatan literasi dan edukasi publik melalui teknologi, serta memperkuat komunikasi publik untuk mengurangi persepsi salah. Strategi-strategi yang disarankan untuk membangun citra dan reputasi positif meliputi pemanfaatan kesesuaian pelayanan dengan SOP, peningkatan kualitas layanan melalui teknologi, edukasi publik, alokasi sumber daya untuk komunikasi publik, dan pemanfaatan prestasi Wilayah Bebas Korupsi untuk mengatasi stigma negatif. Kata kunci : Good Corporate Governance; Public Trust; Corporate Reputation

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 10 Feb 2025 04:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38629

Actions (login required)

View Item View Item