ROZAK, SOFYAN ABDUL (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RSIGM SULTAN AGUNG DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PASIEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000112_fullpdf.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802000112_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
Abstract
Persaingan dalam industri jasa kesehatan yang semakin ketat menuntut setiap institusi memiliki keunggulan kompetitif. RSIGM Sultan Agung Semarang, meski telah menunjukkan perkembangan positif dengan berbagai prestasi, akreditasi, dan fasilitas Dental Specialist Center yang lengkap, masih menghadapi tantangan rendahnya brand awareness di masyarakat akibat kurangnya upaya promosi. Situasi ini menekankan pentingnya membangun strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kesehatan gigi yang ditawarkan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut (RSIGM) Sultan Agung Semarang dalam meningkatkan brand awareness pasien. Penelitian ini menggunakan teori IMC (Integrated Marketing Communication) Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan mengintegrasikan data primer yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan informan, serta data sekunder dari kajian literatur berupa jurnal, artikel ilmiah, buku, dan hasil penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSIGM Sultan Agung telah mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC) yang komprehensif dalam upaya meningkatkan brand awareness calon pasien, mencakup periklanan, promosi, hubungan masyarakat, event, dan pemasaran langsung. Dalam era digital, rumah sakit ini aktif memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok, dilengkapi dengan layanan WhatsApp hotline, serta berencana mengembangkan layanan telemedicine pada tahun 2025. Strategi promosi diperkuat melalui penyelenggaraan berbagai event seperti pemeriksaan gigi gratis dan kegiatan edukasi yang bertujuan meningkatkan engagement dengan masyarakat. Meskipun lokasi di tepi laut dan jauh dari pusat kota, RSIGM berhasil mengatasinya melalui pemetaan strategis di daerah Pantura dan menjalin kerja sama dengan berbagai instansi & komunitas lokal. Keunggulan RSIGM sebagai rumah sakit gigi dan mulut syariah pertama yang terakreditasi di Indonesia diperkuat melalui praktik komunikasi dan pelayanan yang selaras dengan nilai-nilai Islam. Hal ini secara efektif memperkuat positioning institusi ini di mata masyarakat. Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Brand Awareness, Integrated Marketing Communication, Digital Marketing, Sosial Media
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 07:00 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |