Andayani, Nurfitri (2000) PENGARUH HARGA, BIAYA KEMASAN, BIAYA PRODUKSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN PERSEORANGAN JENANG SINAR 33 KUDUS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
04955314.pdf Download (4MB) |
Abstract
Perusahaan perseorangan Jenang Sinar 33 Kudus merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufacturing yaitu pengolah bahan mentah menjadi bahan baku dimana produk utama yang dibuat adalah produk makanan ringan dan merupakan salah satu makanan ciri khas daerah asal pembuatannya. Untuk menunjang keberhasilan perusahaan, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat, dalam hal ini perusahaan perseorangan Jenang Sinar 33 Kudus adalah dengan melakukan strategi pada penetapan harga, penekanan biaya kemasan dan biaya produksi. Tujuan penelitian ini adalah :1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga terhadap volume penjualan pada perusahaan jenang sinar 33. 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh biaya kemasan terhadap volume penjualan pada perusahaan jenang sinar 33 dan 3) untuk mengetahui bagaimana pengaruh biaya produksi terhadap volume penjualan pada perusahaan jenang sinar 33. Kegunaan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan input dalam pengembangan ilmu pengetahuan terutama yang berhubungan dengan manajemen pemasaran. Model analisa yang digunakan regresi, dengan program Microstat. Hasil regresi menunjukkan bahwa model-model persamaan yang telah dirumuskan dapat dijelaskan oleh variabel-variabel penjelasnya secara sempurna, hal ini dibuktikan dengan koefisien determinasi yang diperoleh berkisar antara 0,9218 hingga 0,9892 dan uji F yang berkisar antara 11,103 hingga 46,581. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ke empat jenang Mubarok, Viva, Mabrur dan Sinar 33 terdiri dari harga, biaya kemasan, biaya produksi dalam tahun 1995-1999 rata-rata mengalami kecenderungan meningkat. Hal ini diikuti pula dengan volume penjualan rupiah yang mengalami kenaikan karena persentase perubahan harga lebih besar daripada persentase penurunan unit. Berdasarkan analisa regresi menunjukkan bahwa volume penjualan masing-masing jenang Mubarok, Viva, Mabrur, Sinar 33 dipengaruhi oleh ketiga variabel yaitu harga, biaya kemasan, biaya produksi tetapi kontribusi terbesar dari ketiga variabel yaitu variabel biaya produksi. Kontribusi yang terbesar untuk produk jenang Mubarok adalah variabel biaya produksi sebesar 88,41 %, hal ini berarti bahwa perusahaan selalu meningkatkan kualitas dari produk jenang Mubarok. Kontribusi terbesar untuk produk jenang Viva dari variabel biaya produksi sebesar 95,37%, hal ini bahwa perusahaan selalu meningkatkan kualitas dari produk Viva. Kontribusi terbesar produk Mabrur variabel biaya produksi sebesar 94,43 %, hal ini berarti bahwa perusahaan selalu meningkatkan kualitas jenang Sinar 33. Berdasarkan fenomena yang terdapat pada hasil dan pembahasan serta kesimpulan hasil penelitian, maka penulis memberikan saran khususnya pada penjualan jenang Viva dan Mabrur. Pada produk jenang Viva volume penjualan mengalami penurunan karena dapat dilihat pada tabel menunjukkan tanda negatif. Hal ini berarti bahwa strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh perusahaan belum efektif, oleh karena itu perusahaan dapat merubah strategi pemasaran agar volume penjualan mengalami peningkatan. Untuk jenang Mabrur perusahaan harus memperhatikan ketiga variabel dengan tanpa mengurangi kualitas dengan tujuan untuk menambah keuntungan perusahaan, yang lebih penting lagi memperhatikan harga, karena harga yang terlalu tinggi akan mengurangi permintaan pada jenang Mabrur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 06:43 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |