Strategi Stakeholder Relations dalam Penyelenggaraan Event “Torang Creative and Ecotourism Festival 2024” oleh Al-Print Organizer di Kota Sorong Papua Barat Daya

Handayani, Mega Puput (2024) Strategi Stakeholder Relations dalam Penyelenggaraan Event “Torang Creative and Ecotourism Festival 2024” oleh Al-Print Organizer di Kota Sorong Papua Barat Daya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000062_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000062_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi komunikasi yang efektif dalam manajemen event, khususnya untuk mengelola hubungan dengan stakeholder dalam penyelenggaraan acara berskala besar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi stakeholder relations yang diterapkan oleh Al-Print Organizer dalam penyelenggaraan Torang Creative and Ecotourism Festival 2024. Berdasarkan teori Stakeholder Relations, penelitian ini mengkaji pendekatan komunikasi yang digunakan dalam setiap tahap: pre-event, event, dan post-event. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode wawancara semi-terstruktur, melibatkan tiga informan utama yang berperan aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi acara. Populasi penelitian mencakup stakeholder internal dan eksternal acara, sedangkan informan dipilih secara purposive sampling untuk memastikan relevansi data. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, yang mencakup tahap pengumpulan, reduksi, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Al-Print Organizer menerapkan strategi stakeholder relations yang terstruktur melalui tiga tahap utama pre-event, event, dan postevent. Pada tahap pre-event, media sosial seperti Instagram dimanfaatkan untuk membangun antusiasme audiens, sementara WhatsApp menjadi alat komunikasi real-time selama tahap event berlangsung. Pada tahap post-event, dokumentasi visual dan laporan formal disampaikan kepada stakeholder untuk memperkuat hubungan dan meningkatkan citra positif acara. Kolaborasi yang intensif dengan stakeholders eksternal, seperti pemerintah daerah, Bank Indonesia Papua Barat, pelaku UMKM, dan media lokal, menjadi faktor kunci keberhasilan penyelenggaraan festival ini.Festival berhasil menarik lebih dari dari 3.000 pengunjung per hari dan mencatat transaksi UMKM sebesar Rp.476.648.371. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan Al-Print Organizer dalam memadukan perspektif normatif dan positif dari teori Stakeholder Relations mampu menciptakan sinergi yang harmonis antara stakeholder internal dan eksternal, sehingga mendukung tercapainya tujuan mempromosikan ekonomi kreatif dan ekowisata di Papua Barat dan Papua Barat Daya. Kata kunci: Stakeholder Relations, Event Management, Ekowisata, Ekonomi Kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Feb 2025 06:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38373

Actions (login required)

View Item View Item