Linggasari, Novi Yundhi (2024) STRATEGI POSITIONING RADIO SLAWI FM DI ERA KONVERGENSI MEDIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32801800059_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32801800059_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
Abstract
Penelitian berawal dari adanya fenomena tentang eksistensi radio terhadap minat pendengar yang semakin pudar. Namun, tidak berlaku untuk Radio Slawi FM, yang keberadaannya sampai sekarang masih eksis dan disegani banyak orang terutama para remaja. Tujuan yang diharapkan penelitian ini yaitu guna mengetahui “ Stategi Positioning Radio Slawi FM di Era Konvergensi Media”. Jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif yang dipakai pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi Positioning Radio Slawi FM di Era Konvergensi Media mencakup beberapa tahap. Pertama, proses penyiaran Radio Slawi FM sesuai dengan ketetapan yang sudah diberlakukan. Kedua, gaya komunikasi penyiar didasarkan pada teknik siaran edukatif, informatif, dan persuasif yang berlainan dan memiliki kekhasan sendiri-sendiri. Ketiga, strategi Radio Slawi FM dalam menarik minat pendengar.dengan memformulasikan komunikator (penyiar), media, dan pesan. Penyiar selalu menyisipkan pesan yang bertujuan memotivasi agar menarik pendengarnya. Penyebarluasan siaran radio dilakukan penyiar dengan memanfaatkan media sosial seperti youtube, facebook dan instagram. Keberhasilan penelitian ini dapat dilihat dari respon pendengar Radio Slawi FM. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bukti yang menunjukkan bahwa “Strategi Positioning Radio Slawi FM di Era Konvergensi Media” berhasil menarik minat pendengar. Strategi yang dilakukan penyiar saat membawakan program siaran membuat para pendengar terhipnotis dan tertarik. Penyiar yang selalu bisa akrab dengan pendengarnya inilah yang paling membuat pendengar merasa nyaman. Kata kunci : Strategi Positioning, Radio. Konvergensi Media
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 07:04 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |