Zaenuri, Zaenuri (2024) PERANAN KELUARGA DALAM PEMBANGUNAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI SILAHUL ULUM ASEMPAPAN TRANGKIL PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300224_fullpdf.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300224_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
Abstract
PenelitianL ini berawalL dari pengamatanL bahwa akhir-akhirL ini banyakL terjadi dekadensiL moral anakL khususnya anakL usia remaja/Lpelajar, dengan ditandaiL maraknya Ltawuran, klitih,,rendahnyaL akhlak usiaL pelajar. MelihatL hal tersebutL maka perluL kiranya adaL peran Lkeluarga, kerjasama Lantarwalimurid, sekolah, danL masyarakat untukL memecahkan persoalanL tersebut. DariL latar belakangL masalah Ltersebut, peneliti tertarikL untuk Lmeneliti, mengamati lebihL jauh tentangL “Peranan KeluargaL dalam PembangunanL Karakter PesertaL Didik diL MI SilahulL Ulum AsempapanL Trangkil LPati”. PenelitianL ini merupakanL penelitian lapanganL (field ReserchL) dengan pendekatanL kualitatif Ldiskriptif. yang bertujuanL untuk mendapatkanL gambaran tentangL Peranan KeluargaL dalam PembangunanL Karakter PesertaL Didik diL MI SilahulL Ulum AsempapanL Trangkil LPati. serta untukL mengetahui hasilL yang didapatL dengan adanyaL peran kelurgaL dan kerjasamaL tersebut. AdapunL informan penelitiannyaL adalah KepalaL Madrasah, WakilL Kepala UrusanL Kesiswaan, KomiteL Madrasah, WaliL Murid pesertaL didik MIL Silahul UlumL Asempapan. TeknikL pengumpulan dataL dengan Lobservasi, wawancara, danL dokumentasi. KemudianL data dianalisisL dengan menggunakanL analisis interaktifL dari MilesL dan LHubberman, yang terdiriL dari, kondensasiL data, penyajianL data,penarikanL kesimpulan danL verifikasi. HasilL penelitian iniL menyimpulkan bahwaL Peranan KeluargaL dalam PembangunanL Karakter PesertaL Didik diL MI SilahulL Ulum AsempapanL dilakukan denganL berbagai caraL diantaranya adalahL dengan mensosialisasikanL program sekolahL untuk mewujudkanL visi danL misi sekolahL yakni cerdasL intelektual, cerdasL emosional, danL cerdas Lspiritual, membentuk paguyubanL orangtua, Lpembiasaan- pembiasaan, menjalinL komunikasi yangL efektif antaraL orangtua, Lsekolah, guru bimbinganL konseling maupunL guru Lamong. Dengan melaksanakanL program tersebutL hasil yangL didapatkan adalahL tingkat pelanggaranL tata tertibL rendah, danL karakter anakL berubah menjadiL lebih Lbaik, serta tercapaiL visi danL misi Lsekolah. LKata Kunci: LPeranan, Keluarga, LKarakter, Peserta LDidik, MIL Sialhul UlumL
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 01:58 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |