Izza, Mushlikhatul (2024) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING PEMBELAJARAN MINUMAN HALAL DAN HARAM DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MI NU KHIYARUL UMMAH NGARINGAN KLUMPIT GEBOG KUDUS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300152_fullpdf.pdf Download (926kB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300152_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
Abstract
Perkembangan pendidikan pada masa ini membawa perubahan dalam segala bidang kegiatan, termasuk pendidikan. Sebuah proses pembelajaran yang menggambarkan keterampilan abad ke-21 yaitu kegiatan belajar menuju keterampilan, menitik beratkan pada tekad siswa dalam belajar dan menyesuaikan pengetahuannya sendiri. Peran guru mata pelajaran Fiqih dalam meningkatkan mengembangkan kemampuan berfikir kritis sudah baik akan tetapi masih ada peserta didik yang kemampuan berfikir kritisnya masih sebatas pemahaman teorinya saja. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Problem Based Learning, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) pada mata pelajaran Fiqih di MI NU Khiyarul Ummah . Serta untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning dalam mata pelajaran fikih tentang makanan halal dan haram dapat meningkatkan pemahaman siswa di MI NU Khiyarul Ummah Klumpit Gebog Kudus Tahun Pelajaran Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MI NU Khiyarul Ummah .Subyek yang akan dituju dan menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah Guru Fiqih kelas VI. Adapun informan yang akan terlibat dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas VI , Kepala Madrasah. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul diperiksa keabsahannya dengan triangulasi sumber selanjutnya di analisis data yang melputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup dua aspek utama: pertama, Bagaimana penerapan model Problem Based Learning pada mata pelajaran fikih di MI NU Khiyarul Ummah Klumpit Gebog Kudus, yang kedua apakah model Problem Based Learning dalam mata pelajaran fikih tentang minuman halal dan haram dapat meningkatkan pemahaman siswa di MI NU Khiyarul Ummah Klumpit Gebog Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Lerarning dalam implementasinya antara guru peserta didik dan lingkungan belajar harus sama sama siap, pada saat proses belajar mampu untuk bisa menunjang kelancaran implementasi Problem Based Learning. Dalam pelaksanaannya terdapat peserta didik sangat aktif adan ada beberapa yang pasif akan tetapi kendala tersebut bisa ditangani oleh guru yaitu dengan cara membantu mengawasi, memotivas, dan mengkondisikan peserta didik pada saat proses pembelajaran. Dalam model Implementasi Problem Based Learning kurikulum yang digunakan sangat cocok digunakan, sarpras, dan guru yang mempuanyi kreativitas dan lingkungan yang nyaman. Guru juga menjadi faktor penting dalam implementasi problem based learning ini karena tahapan roblem based learning harus disiapkan sematang mungkin untuk mencapai tuuan pembelajaran agar berjalan dengan baik. Kata Kunci: Model Problen Based Learning, Pembelajaran Fikih, Minuman Halal dan Haram
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 01:52 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37687 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |