PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMAN 1 DEMAK

Hafizhin, Mukhamad Nur (2024) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMAN 1 DEMAK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300149_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300149_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan, hambatan, dan kelebihan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Demak. Kurikulum Merdeka mengedepankan pembelajaran yang fleksibel dan adaptif, termasuk dalam pelaksanaan PAI yang berdiferensiasi, yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan belajar yang beragam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis Pelaksanaan pembelajaran PAI berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka di SMAN 1 Demak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data diperoleh dari berbagai sumber yaitu Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup tiga aspek utama: pertama, bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI berdiferensiasi di SMAN 1 Demak sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Kedua, apa saja hambatan yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran PAI berdiferensiasi di sekolah tersebut. Ketiga, apa kelebihan yang diperoleh dari penerapan pembelajaran PAI berdiferensiasi dalam konteks Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI berdiferensiasi di SMAN 1 Demak telah diadaptasi dengan baik sesuai prinsip Kurikulum Merdeka, dengan pengajaran yang menyesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kebutuhan siswa. Hambatan yang dihadapi termasuk keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan bagi guru, dan resistensi terhadap perubahan metode pembelajaran. Namun, kelebihan yang terlihat dari penerapan model ini mencakup peningkatan motivasi siswa, pembelajaran yang lebih relevan dan personal, serta peningkatan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun ada tantangan dalam penerapan PAI berdiferensiasi, kelebihannya menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut mencakup peningkatan pelatihan bagi guru dan penyediaan sumber daya yang lebih memadai. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Pascasarjana
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37686

Actions (login required)

View Item View Item