Chakim, M. Lukmanul (2024) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF IMAM NAWAWI DALAM KITAB AT-TIBYÂNU FÎ ÂDÂBI HAMALATIL QUR’ÂNI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300115_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300115_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
Abstract
Kecerdasan intelektual seseorang tidak cukup menjadi indikasi dari keberhasilan sebuah pendidikan. Hal inilah yang menyadarkan manusia akan pentingnya membina pelajar memiliki akhlak yang baik. Oleh karena itu yang menjadi indikasi suatu keberhasilan pendidikan adalah kepemilikan kecerdasan intelektual dan keluhuran akhlak pelajar, tidak bisa salah satunya. Penelitian ini bersifat kualitatif yang berjenis studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan content analysis. Penerapan metode deskriptif yaitu: pertama-tama penulis menyajikan masalah dan tujuan penelitian, kemudian menguraikan data-data terkait dengan biografi pengarangnya. Selanjutnya proses content analisys dilakukan untuk menelaah isi pesan yang ada dalam kitab at-Tibyan, penulis mendeskripsikan tentang konsep pendidikan akhlak pendidikan akhlak perspektif Imam Nawawi dalam Kitab at-Tibyan dan relevansi pemikiran Imam Nawawi tentang etika dalam menghafal Al-Qur’an pada kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an terhadap pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, konsep pendidikan akhlak peserta didik menurut Imam Nawawi adalah agar peserta didik memiliki keagungan akhlak seperti yang telah diteladankan oleh Nabi Muhammad Saw dan tokoh ulama terdahulu. Sedangkan nilai-nilai pendidikan akhlak peserta didik menurut Imam Nawawi terdiri dari akhlak peserta didik kepada ilmu dan akhlak peserta didik kepada guru. Relevansi pemikiran Imam An-Nawawi tentang etika dalam menghafal Al- Qur’an pada kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an dalam pendidikan Islam, menurut peneliti masih relevan jika dikaitkan dalam pendidikan Islam. Ada yang kurang relevan dan masih perlu diaktualisasikan dengan era sekarang. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Akhlak, Imam Nawawi, Kitab at – Tibyan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 02:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |