KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MOHAMMAD NATSIR TENTANG MODERNISASI DAN RELEVANSINYA DI INDONESIA

Mansyur, Mansyur (2024) KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MOHAMMAD NATSIR TENTANG MODERNISASI DAN RELEVANSINYA DI INDONESIA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300099_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300099_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)

Abstract

Membicarakan pendidikan Islam berarti menyentuh aspek individu yang mendalam. Pandangan ini berpengaruh signifikan pada cara seseorang memahami ilmu sebagai ciptaan Tuhan yang ditujukan untuk menjalankan perannya sebagai khalifah di dunia. Salah satu tantangan utama pendidikan Islam saat ini adalah adanya dikotomi antara ilmu agama dan ilmu dunia (profan). Penulis mengeksplorasi pemikiran Mohammad Natsir, seorang tokoh dan intelektual Muslim Indonesia yang berusaha menciptakan pendidikan Islam yang sesuai dengan tuntutan agama, bangsa, dan negara. Penelitian ini bersifat kepustakaan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif, bertujuan mengumpulkan dan menganalisis data untuk interpretasi yang mendalam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Pandangan Mohammad Natsir mengenai pendidikan Islam berlandaskan pada Al-Qur'an dan As-Sunnah, menggarisbawahi pentingnya pendidikan yang integral, harmonis, dan universal untuk mengembangkan potensi manusia sebagai khalifah di dunia; 2) Peran Mohammad Natsir dalam pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia meliputi: a) Purifikasi, yaitu kembali pada ajaran Islam yang murni dan menggantikan budaya lama dengan nilai-nilai baru, dengan tauhid sebagai dasar pendidikan; b) Modernisasi, dengan mengintegrasikan pendidikan agama dan umum. Konsep ini bertujuan untuk mengatasi masalah pendidikan di Indonesia dengan mengubah sistem dikotomis menjadi integratif dan sesuai syariat Islam. Kata kunci: Pendidikan Islam, Mohammad Natsir, Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37638

Actions (login required)

View Item View Item