PENGEMBANGAN PRODUK PERMAINAN STEAM UNTUK ANAK USIA TK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Saputri, Hapsari Siwi Trisno (2024) PENGEMBANGAN PRODUK PERMAINAN STEAM UNTUK ANAK USIA TK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31602000091_fullpdf.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Teknik Industri_31602000091_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

Usia 4-6 tahun merupakan tahapan umur saat anak mencapai puncak perkembangan. Pada umur ini anak perlu diberikan sarana belajar berupa permainan karena permainan membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan. Namun untuk tingkat taman kanak-kanak, permainan yang ada masih banyak yang belum memperhatikan aspek STEAM. STEAM sendiri menawarkan pembelajaran yang kreatif berdasar aspek Science, Technology, Engineering, Art, and Math. Permasalahan itu terjadi di TK Kartika, Genuk Semarang. Permainan yang digunakan masih kurang dan masih bisa untuk ditingkatkan. Berdasarkan permasalahan yang ada maka dibuat pengembangan produk permainan untuk anak usia TK yang memperhatikan aspek STEAM. Pengembangkan dilakukan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment. Quality Function Deployment digunakan untuk melakukan perancangan produk berdasarkan pada kebutuhan konsumen. Hasil penelitian berdasarkan pengolahan data didapatkan kebutuhan konsumen dalm Voice of Customer yaitu permainan yang nyaman, permainan yang aman, permainan yang portable, permainan interaktif, permainan yang edukatif, permainan yang mudah digunakan, desain yang menarik, desain yang modern, desain sederhana, dimensi ukuran standar, bahan aman digunakan, bahan tidak mudah berkarat, bahan murah, bahan ringan, dan bahan tidak mudah pecah.VOC yang telah didapat diubah ke bentuk Voice of Engineering yaitu bahan permainan berupa bahan kertas dan board, permainan berbentuk Quiet and Busy Book, dibuat totebag dan packaging box untuk membuat produk menjadi portable, produk dibuat sesuai antropometri siswa, dan permainan dibuat berwarna-warni. Berdasar uji tingkat kepuasan pada produk yang dihasilkan, didapatkan bahwa konsumen puas terhadap pengembangan produk yang dilakukan. Kata Kunci : Permainan, Buku Interaktif, STEAM, Anak Usia TK, Quality Function Deployment

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Feb 2025 02:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37595

Actions (login required)

View Item View Item