PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE SWOT DAN QSPM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK SPIDER FITTING DI PT FAJAR LESTARI SEJATI (DEKKSON)

Alkatiri, Gamar Samira (2024) PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE SWOT DAN QSPM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK SPIDER FITTING DI PT FAJAR LESTARI SEJATI (DEKKSON). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31602000085_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31602000085_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)

Abstract

PT Fajar Lestari Sejati (Dekkson) merupakan perusahaan distributor yang bergerak dibidang aksesoris pintu dan jendela yang menjual produk seperti Spider Fitting. Produk-produk tersebut di produksi di China yang kemudian diimpor ke Indonesia di PT Fajar Lestari Sejati (Dekkson) untuk dijual. PT Fajar Lestari Sejati (Dekkson) berdiri sejak tahun 1994 dengan merk Dekkson yang beralamat di Jalan Kawasan Industri Candi, Ngaliyan, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Pemasaran yang dilakukan oleh PT Fajar Lestari Sejati (Dekkson) yaitu secara offline dengan tim marketing yang berjumlah 4 orang untuk melakukan kunjungan langsung ke arsitek dan konsultan gedung seperti IAI atau Ikatan Arsitek Indonesia untuk mempromosikan produk Spider Fitting yang kemudian produk tersebut juga akan disediakan oleh tim sales ke toko-toko. permasalahan yang dihadapi adalah adanya produk Spider Fitting yang tidak mencapai target penjualan atau mengalami penurunan dimana total produk masuk dalam 1 tahun terakhir sebesar 6600 pcs dengan target penjualan produk tersebut sebesar 90 persen sedangkan produk yang terjual kurang dari target dalam 1 tahun terakhir yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu yang mempengaruhi dari faktor internal yaitu promosi atau pemasaran yang hanya dilakukan melalui kunjungan langsung ke arsitek dan konsultan gedung seperti Ikatan Arsitek Indonesia oleh tim marketing dan menyediakan produk tersebut ke beberapa toko. Sedangkan faktor eksternal adalah adanya merek-merek Spider Fitting tersebut yang sudah terkenal seperti Onassis dan OMGE di Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran dan menentukan strategi pemasaran yang paling sesuai dan tepat. Hasil perumusan strategi yang didapat dari matriks SWOT ada 8 alternatif strategi yang dapat diterapkan pada PT Fajar Lestari Sejati (Dekkson). Kemudian selanjutnya dilakukan analisa matriks QSPM untuk memperoleh alternatif strategi yang dapat diterapkan dengan menggunakan score TAS tertinggi. Adapun alternatif strategi dengan score TAS tertinggi yang diperoleh adalah pengembangan pasar dengan skor sebesar 6,83 berupa mengembangkan strategi pemasaran digital untuk memanfaatkan peluang pasar yang berkembang, mengembangkan jaringan distribusi baru untuk wilayah pasar yang lebih luas, serta menanggapi harga dengan strategi penyesuaian harga yang lebih fleksibel. Kata Kunci: Spider Fitting, Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM, PT Fajar Lestari Sejati (Dekkson)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Feb 2025 02:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37594

Actions (login required)

View Item View Item